Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

REAKTUALISASI TEOLOGI ISLAM DI ERA MODERN

Pondok Pesantren Darun Nun Malang



Zaman modern seperti saat ini memiliki banyak problem di segala aspek bidang kehidupan. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi saksi bahwa modernitas memasuki periode kejayaan. Adanya teknologi dan Ilmu pengetahuann yang semakin berkembang ini, menjadi alat vital dalam proses modernitas masyarakat. Segala bidang kehidupan, seperti politik, ekonomi, sosial budaya dan lain sebagainya tidak dapat mengelak adanya perubahan.
Seiring berkembangnya perkembangnya teknologi dan pengetahuan, diiringi pula dengan perubahan tatanan kehidupan di masyarakat. Struktur, fungsi yang di dalam masyarakat juga mengikuti arus zamannya. Namun, kondisi masyarakat yang demikian kompleksnya, tidak diiringi dengan kemajuan di bidang  iman dan taqwa (IMTAQ). Munculnya degradasi nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat, membuat tatanan kehidupan masyarakat masa kini semakin tidak terarah.
Masalah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat semakin kompleks. Masalah kemiskinan, pengangguran, tindak kriminal, demokrasi dan sebagainya merupakan hasil hukum sebab akibat yang selama ini kita pelajari. Akibat kemajuan zaman yang sangat pesat mengakibatkan banyak perubahan di segala aspek kehidupan. Masyarakat yang belum siap secara lahir dan batin tentu akan menemukan kendala dalam menghadapi era modern ini
Sekuralisme, hedonisme, materialisme menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan zaman modern saat ini. Munculnya hal tersebut menjadi salah satu permasalahn penting yang harus diselesaikan oleh masyarakat itu sendiri. Permasalaha tersebut bahkan sangat sulit diselesaikan karena secara kasat mata tidak terlihat, tetapi sisi negatifnya sangat terasa di kehidupan masyarakat saat ini.
Teologi islam diharapkan mampu menjawab permasalahan yang ada di era modern ini. Teologi islam bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan yang hanya menjadi sejarah saja. Tetapi diharapkan mampu mengaplikasikan diri sebagai suatu ilmu yang dapat mengcover segala permasalahan kehidupan masyarakat masa kini. Dengan adanya permasalahan masyarakat yang kompleks tersebut, dibutuhkan suatu obat yang dapat menyembuhkan penyakit modernitas, atau sebagai alat pencegah sebelum penyakit tersebut semakin menyebar.

Farla A.S.
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar