Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

IKHLAS



Ikhlas kepada Allah adalah seseorang berniat dengan ibadahnya untuk semata danImendekatkan diri hanya kepada Allah  untuk sampai ke negeri kemuliannya (surga). Dan apabila seseorang menghendaki sesuatu yang lain dengan ibadahnya, maka perlu diperinci menurut pembagian berikut ini:
1.  Ia ingin mendekatkan diri  kepada selain Allah SWT dalam ibadah ini dan untuk mendapatkan pujian makhluk (riya, pent.). Maka ini menggugurkan amal ibadah dan ia termasuk syirik.
2. Ia bertujuan untuk sampai kepada tujuan duniawi semata seperti menjadi pemimpin, kedudukan dan harta, tanpa bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka amal ini gugur
3. Ia bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan harta benda duniawi yang diperoleh dengannya. Seperti bertujuan bersama niat ibadah kepada Allah SWT dengan bersuci adalah untuk mengaktifkan tubuh dan menghilangkan kotorannya. Dan dengan ibadah haji untuk menyaksikan masya'ir dan para jemaah haji. Ini mengurangi pahala ikhlas.

Hadits Niat/Motivasi beramal
"Amir Al-Mu’min, Abu Hafs Umar bin Al-Khaththab r a., bin Nufail, bin Abdul Uzza, bin Riyah,. bin Abdullah bin Qurt bin Rajah, bin`Adiy, Ka'ab bin Luay, bin Galib keturunan Quraisy,41-A dawy, dia berkata bahwa dia mendengar Rasulullah SAW. telah bersabda, "Sesungguhnya sah atau tidaknya suatu amal, bergantung pada niatnya. Dan yang dianggap bagi amal tiap orang apa yang ia niatkan. Maka barang siapa berhijrah. (mengungsi dari daerah kafy ke daerah Islam) semata-mata karena taat kepada Allah dan Rasulullah, maka hijrah itu diterima oleh Allah dan Rasulullah, dan barang siapa yang hijrah karena keuntungan dunia yang di­kejarnya, atau karena perempuan yang akan dikawininya, maka hijrahnya berhenti pada apa yang ia niat akan hijrah kepadanya. (H.R. Bukhari dan Muslim).

TIPS MERAWAT PASWORD IKHLAS
Perbanyaklah
Hindarilah
Memberi maaf kepada orang lain dan pada diri sendiri serta memohon ampun atas kesalahan (ketidaksengajaan) kita menyalahkan tuhan
Membenci dan membesar-besarkan keburukan siapapun
Rasa pengakuan dan kepercayaan dari diri sendiri dan member pujian kepada orang lain
Rasa ingin diakui dan dipuji oleh orang
Bergaul dengan orang-orang yang beroperasi di zona ikhlas (syukur, sabar, focus, tenang, bahagia) atau energy giver
Bergaul dengan orang-orang yang beroperasi di zona nafsu (takut, marah, cemas, mengeluh, putus asa) atau energy sucker

Risalatul Munawwaroh
Pondok Pesantren Darun Nun Malang Sukun Malang



Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar