Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Apa ada masalah?


Ainur Riza

Dikutip dari buku Si Cacing dan Kotoran kesayangannya karangan Ajahn Brahm
Blaise Pascal (1623-1662), filsuf dan matematikawan asal Prancis pernah berkata, “Segala masalah manusia disebabkan oleh ketidaktahuannya tentang bagaimana untuk duduk tenang.” Kemudian, pengarang buku tersebut Ajahn Brahm menambahkan”… dan tidak tahu kapan saatnya duduk.”
Pada tahun 1967, negara bombardir ‘Israel’ sedang berperang melawan Mesir, Syria, dan Yordania. Peristiwa ini dikenal oleh para warga dunia sebagai Perang Enam Hari. Pada saat perang terjadi, ada seorang wartawan bertanya kepada mantan perdana menteri Inggris, Harold Macmillan, tentang apa pendapatnya tentang masalsah di Timur Tengah saat itu.

Dan tanpa keraguan, sang negarawan itupun menjawab,”Tak ada masalah di Timur Tengah” Si wartatawn tertegun mendengar jawaban itu.
“Apa maksud anda ’Tak Ada Masalah di Timur Tengah’?” Si wartawan bertanya lagi. “Tak tahukah anda bahwa sekarang sedang berlangsung perang yang ganas? Tak sadarkah anda bahwa selama kita sedang berdiskusi ini, bom-bom jatuh dari langit, tank-tank meledakkan segala sesuatu yang dilihatnya, dan para perajurit diberondong dengan butiran peluru. Banyak korban perang tewas dan terluka. Apa yang anda maksud ‘Tidak ada Masala di Timur Tengah’? Timpalnya lagi.
Dengan sabar dan sopan sang negarawan tersebut menjelaskan. “Pak, sebuah masalah adalah sesuatu yang memiliki solusi. Nah, tak ada solusi untuk apa yang sedang terjadi di Timur Tengah, oleh karena itu hal itu tidak bisa dikatakan sebagain sebuah maslah!.”

Sadarkah kita, berapa banyak waktu dan peluang dalam hidup ini yang telah kita sia-siakan hanya karena memikirkan dan mengkhawartirkan tentang ‘sesuatu’ yang pada saat itu, tak memiliki solusi dan karena itu bukanlah sebuah masalah?. Masalah tidak akan pernah selesai jika tidak ada pihak yang merasa bersalah dan mengalah. Yakinlah, semua masalah akan selesai pada waktunya jika kita sabar dan mengikuti alurnya.




Pondok Pesantren Darun Nun Malang Bukit Cemara Tidar F3/4

Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar