Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Teacher Idol





Judul Buku : Rahasia Menjadi Guru Idola
Penulis : Erwin Widiasworo ,S.Pd
Penerbit : Arruz Media
Tebal : 159 halaman
Peresensi : Izzati Ruba’ie

Menjadi guru bukanlah profesi yang mudah seperti yang kita bayangkan. Orang bijak berkata : Guru bukanlah sebuah profesi, namun seorang pengemban amanah besar. Karena di tangan merekalah akan tumbuh generasi bangsa yang mampu tidak membangun bangsa atau malah menghancurkannya. Maka , menjadi guru dibutuhkan keterampilan lahir batin yang benar-benar dari dalam hati. Karena sesungguhnya tugas guru adalah mendidik, bukan mengajar, apalagi menghajar. Maka disanalah peran seorang guru , bukan hanya memberikan ilmu atau materi pelajaran semata, melainkan yang terpenting adalah memberikan teladan yang baik bagi anak anak didiknya.
Banyak sekali para pelajar atau anak-anak kita sering mengeluh dengan pelajarannya disekolah. Entah karena pelajaran yang sulit atau guru yang membosankan. Sesungguhnya tak ada pelajaran yang sulit, tapi bagaimana caranya seorang guru tersebut menyampaikan dengan terampil agar anak didiknya memahami pelajaran. Hal inilah yang sering menjadi kendala para guru, tidak semua guru mampu menyampaikan pelajaran dengan terampil sehingga anak didiknya sering kesulitan dalam menerimanya. Maka disinilah dibutuhkan guru guru yang pandai menyampaikan materi sehngga bisa difahami smeua anak didiknya.
Menjadi guru bukan hanya digugu dan ditiru , melainkan harus selaras antara perkataan dan perbuatannya. Menjadi guru bukanlah profesi menggiurkan yang bisa menghasilkan banyak uang. Maka disinilah kita lihat bagaimana keikhlasan dan ketulusan seorang pendidik. Seorang pendidik yang mempunyai ketulusan jiwa akan menanamkan budi pekerti yang luhur. Bahwa belajar bukanlah hanya untuk mencari materi semata , melainkan menjadikan manusia itu lebih manusiawi. Hakikat tujuan pendidikan kita adalah memanusiakan manusia. Jadi tidak hanya belajar mendapatkan nilai yang baik dengan berbagai cara tanpa memikirkan itu baik atau buruk. Tapi bagaimana belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik untuk membangun bangsa. Jadi diharapkan pendidikan kita menghasilkan generasi yang bukan hanya pandai semata ,tetapi juga punya moral atau akhlak yang baik. Itulah pendidikan yang sesungguhnya.
Menjadi guru idola tentulah impian semua guru. Semua guru tentu akan berusaha bagaimana bisa menjadi idola bagi para peserta didiknya. Sehingga proses belajar mengajar akan berlangsung menyenangkan. Yuk kita simak , apa saja sich tips-tips yang bisa kita lakukan menjadi guru idola :
1.      Prepare lah sebelum action
2.      Kreatiflah
3.      Pakai hati
4.      Jadilah teman
5.      Tunjukkan keteladanan
6.      Jangan sok tahu
7.      Hargai siswa anda
8.      Jadilah teman mereka
9.      Lembut tapi tegas
10.  Hadirkan mereka dalam do’amu
Sebelum kita masuk kelas , baiknya kita siapkan materi apa yang akan kita berikan, menguasai materi, dan memperhatikan penampilan. Dalam proses pembelajaran tentu siswa akan bosan jika cara penyampaiannya itu-itu saja, maka dibutuhkan kreatifitas guru yang menarik siswa. Sesuatu yang disampaikan dengan hati ,akan sampai pula pada hati. Seorang guru haruslah banyak sabarnya, apalagi ketika menghadapi anak-anak yang aktif. Maka diperlukan hati yang lapang dan penuh kesabaran dalam mendidik. Terkadang kita perlu menjadi teman mereka, mendengarkan keluh kesah mereka, membantu kesulitan mereka, dan melakukan hal-hal yang bisa mempererat kasih sayang diantara murid dan siswa.
Guru yang baik tentulah memberikan teladan yang baik, maka seorang guru harus benar-benar menjaga perkataan dan perbuatannya. Tidak hanya didepan muridnya semata, tapi setiap waktu dan keadaan. Ketika murid bertanya, jika guru belum mengetahui jawabannya, janganlah sampai sok tahu. Sampaikan apa adanya bahwa guru belum mengetahuinya dan akan mencari jawabannya terlebih dahulu dan akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya. Karena guru bukanlah gudang ilmu atau kamus berjalan. Tentu kadang kala guru belum tahu jawabannya.
Anak anak butuh kasih sayang, tapi bukan dimanja. Maka sangat dibutuhkan kelembutan tapi tegas. Ketika murid salah maka akan diberikan sanksi sesuai kesalahannya. Diharapkan agar tidak terulang lagi kesalahannya. Hargailah setiap karya mereka, entah dengan tepuk tangan, hadiah, atau tulisan seratus didalam buku mereka. Dengan begitu mereka akan semangat belajar lagi. Dan yang tak kalah pentingnya adalah seorang guru seyogyanya senantiasa mendo’akan anak –anak didiknya. Karena mereka  seperti anak sendiri. Guru adalah orang tua kedua setelah orang tua,dan do’a guru sangat makbul. Tentu setiap murid akan mendamba do’a para gurunya.
Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat dan membantu kita dalam usaha menjadi guru yang baik untuk anak-anak didik kita. Wallahu’alam 

by: Izzati Ruba'ie


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar