Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

KHASIAT WUDHU SEBELUM TIDUR

KHASIAT WUDHU SEBELUM TIDUR



Sebagai seorang Muslim, kita harus menjadikan Rasulullah sebagai suri teladan utama khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara mengikuti sunnah-sunnah beliau baik perkataan, perbuatan, maupun kebiasaan beliau karena kebiasaan beliau memiliki segudang manfaat. Salah satu kebiasaan beliau adalah berwudhu sebelum tidur.
Hadits tentang wudhu sebelum tidur ini diriwayatkan oleh Al-Imam ath-Thabrani dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
"Sucikanlah badan-badan kalian, semoga Allah mensucikan kalian, karena tidak ada seorang hamba pun yang tidur malam dalam keadaan suci melainkan satu Malaikat akan bersamanya di dalam syi’aar, tidak satu saat pun dia membalikkan badannya melainkan satu Malaikat akan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur malam dalam keadaan suci.”.

Manfaat wudhu bagi kesehatan yaitu:
1.      Menurut Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim, Anggota Ikatan Dokter Kerajaan Arab Saudi di London dan Penasihat Penderita Penyakit Dalam dan Penyakit Jantung mengatakan, “Para pakar sampai berkesimpulan bahwa mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan, syaraf-syaraf dan otot menjadi rileks, hilangnya kenaikan detak jantung dan nyeri-nyeri otot, kecemasan, hingga insomnia (susah tidur).”
2.      Berwudhu sebelum tidur juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah, membersihkan kulit tubuh, bahkan sampai ke lubang telinga. karena apabila  kita terlalu lama beraktivitas tanpa membasuh anggota badan, maka kulit akan mengalami berbagai peradangan yang menyerang permukaan kulit, seperti jerawat. Jerawat akan muncul pada wajah yang tidak dalam keadaan bersih, sehingga masuklah berbagai mikroba ke dalam kulit. Sumber: muslimuniversity.blogspot.com
Dalam dunia medis, jerawat  atau akne adalah penyakit peradangan kronis folikel sebasea dan merupakan penyakit kulit yang sering dikeluhkan. Hampir 80-100% remaja, dewasa muda dan sampai usia tua berjerawat. Menurut penelitian Cunliffe, akne mengenai remaja dengan berbagai variasinya dengan insidensi terbanyak pada usia 14-17 tahun bagi wanita dan usia 16-19 tahun bagi pria.
Jerawat  bukan penyakit gawat tetapi dapat menimbulkan krisis percaya diri pada remaja dan dewasa muda. Wajah yang bersih tanpa jerawat  merupakan modal penting dalam pergaulan maupun karir.
Penyebab utama jerawat sampai sekarang belum diketahui dengan pasti, tetapi ada dugaan bahwa faktor-faktor penyebab jerawat adalah genetik, trauma dan infeksi, hormon, diet, obat-obatan, kosmetik, jenis kulit, pekerjaan, psikis dan iklim.
Salah satu cara mencegah jerawat adalah berwudhu sebelum tidur. Mengapa harus berwudhu? Kok bukan cuci muka dengan sabun saja? Karena  mencuci muka dengan sabun secara berlebihan (lebih dari 6 kali sehari) dapat memperberat dan menambah lesi jerawat. Menurut teori, untuk iklim tropis seperti di Indonesia frekuensi mencuci muka yang ideal 3-4x lxv sehari.26,27 Dengan menerapkan frekuensi mencuci muka yang ideal akan mencegah timbulnya jerawat.
Oleh karena itu, sebaiknya kita berwudhu dulu sebelum tidur karena dalam tidur saja kita didoakan malaikat. Selain itu wudhu sebelum tidur juga akan membebaskan diri kita dari penyakit.

Ingin dapat pahala disaat tidur? Wudhu saja!!

Risalatul Munawwaroh, PP Darun Nun BCT Karangbesuki Malang

Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar