Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

INTERIOR PLANET BERAIR


Menurut para pakarnya, satu –satunya planet yang terdapat kehidupan yakni palnet bumi. Yah . . . planet yang sekarang kita berada, seperti kesatuan yang takbisa dipisahkan. Dimana kehidupan ini tidak pernah lepas dari air, bisa di bilang tiada air tiada kehidupan, jadi begitu menariknya planet berai. Oleh karenanya sedikit menginformasikan tentang interior planet berair yang kita huni ini.
Bumi kita berdiameter 12.756 km di equator dan 12.712 km pada arah Kutub, oleh sebab itu Bumi tidak bulat melainkan lonjong. Luas permukaan bumi 510 juta km2 dimana 75% terdiri dari lautan oleh karenanya penulis menuliskan planet beraitr karena sebagian besar bumi ini adalah air. Lingkaran khatulistiwa 40.000 km.
Dengan demikian ketika berotasi kecepatanya 1.673km/jam (464,82 meter/sekon) pada khatulistiwa, karena berotasi sekali dalam 24 jam. Sedangkan ketika berevolusi kecepatannya 30.2567km/sekon.
Keadaan bumi sebenarnya tidak rata, ada permukaan tanah yang meninggi menjadi gunung dan ada pula yang permukaannya merendah menjadi lembah dan ada pula yang mengalami patahan secara tiba-tiba membentuk jurang dan tampak garis-garis pada dinding patahan (jurang) tersebut yang menunjukkan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan atau hamparan. Berbagai kajian dan penelitian geofisika telah membuktikan bahwa bumi terbentuk dari tujuh lapisan tertentu dari dalam keluar dengan susunan sebagai berikut (An-Najjar,2006:269):
1.    Centrosphere (Inti Bumi)
Centrosphere (inti bumi) adalah nucleus atau bagian tengah yang sangat keras yang memiliki kandungan besi 90%, nikel 9%, ditambah unsur-unsur lain seperti karbon, fosfor, sulfat, silicon, dan oksigen yang mencapai 1%.
2.    Lapisan Luar Inti Bumi
Lapisan ini lunak dan elastis atau semi cair. Lapisan ini meliputi inti bumi dan memiliki komposisi kimia yang hampir sama, hanya saja lapisan ini berstatus semi cair. Ketebalannya kira-kira mencapai 2.275 km.
3.    Lapisan Terbawah Pita Bumi (Pita Bawah)
Adalah lapisan keras yang mengelilingi lapisan luar inti bumi (yang lunak). Ketebalan lapisan ini mencapai 2.215 km (dari kedalaman 670 km hingga kedalaman 2.885 km).
4.    Lapisan Tengah Pita Bumi (Pita Tengah)
Adalah lapisan keras yang ketebalannya mencapai kira-kira 270 km. Dari bawah dan atas, lapisan ini dipisahkan oleh dua bidang diskontinuitas gelombang getar. Bidang yang satu terletak pada kedalaman 670 km. Sedangkan yang lain terletak pada kedalaman 400 km di bawah permukaan bumi.
5.    Lapisan Teratas Pita Bumi (Pita Atas)
Adalah lapisan elastis atau semi cair yang memiliki tingkat kepadatan dan kerekatan yang sangat tinggi. Kadar fusi di dalamnya mencapai kira-kira 1%. Lapisan ini membentang antara kedalaman 65-120 km dan kedalaman 400 km di bawah permukaan bumi. Sehingga, ketebalannya berkisar antara 335-380 km.
6.    Lapisan Bawah Kerak Bumi
Ketebalan lapisan ini berkisar antara 5-8 km di bawah permukaan air laut dan samudera atau antara kedalaman 60-80 km dan 120 km di bawah permukaan bumi.
7.    Lapisan Atas Kerak Bumi
Ketebalan lapisan ini berkisar antara 5-8 km di bawah dasar laut dan samudera atau rata-rata antara 60-80 km di bawah benua. Lapisan yang berada di bawah benua ini biasanya tersusun dari batu-batu granit (marmer) yang dilapisi oleh penutup tipis yang berasal dari sedimen dan debu. Komposisi lapisan ini dimonopoli oleh unsur-unsur ringan. Lapisan ini juga kebanyakan terdiri dari batu-batu basis dan batu-batu suprabasis, dan beberapa sedimen yang terdapat di dasar laut dan samudera.




 Tujuh Lapisan Bumi (Noor, 2009)

Penjelasan mengenai tujuh lapis bumi tersebut didukung oleh beberapa firman Allah dalam Surat Ath-Thalaq ayat 12 yang artinya “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. perintah Allah Berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.”

Itulah sedikit mengenai interior planet berair. Semoga informasi yang begitu terbatas ini memberikan maanfaat dan menambah keimanan kita tentang kekuasaan Alloh yang tiada tanding. Amiin ya Robb . .



Ro_FIKA Islamiyah 
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar