Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Istafty Qolbak !!!

Istafty Qolbak !!!



Suatu hari para sahabat datang menemui Rasulallah. Sahabat ini ingin meminta fatwa atau nasihat kepada Rasulallah. Belum saja sahabat ini mengutarakan maksud kedatangannya, beliau sudah mengetahui apa yang ingin di sampaikannya itu. Rasulallah kemudian bersabda : Istafty Qolbak,,,mintalah fatwa kepada hatimu, Pesan beliau. Sahabat ini langsung termenung dalam hatinya, bertanya-tanya mengapa Rasulallah sudah mengetahui isi hati nya padahal dia belum bercerita apapun kepada beliau. Inilah salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada kekasihNya, mengetahui apa yang ada dalam hati ummatnya.

Hakikatnya hati kita itu selalu mengajak dalam kebaikan. Namun terkadang hati kita sering terkalahkan oleh nafsu dunia yang bersifat fana ini. Maka itulah yang perlu dipertanyakan, hati seperti apa yang bisa di mintai fatwa. Tentu tak semua hati bisa memberikan jawaban yang baik , karena setiap hati pasti berbeda-beda. Hati kita kadang sedang naik imannya , kadang pula sedang turun. Rasulallah pernah bersabda : Al Imanu Yazidu wa Yankushu, yazidu bil iman wa yankushu bil maksiat. Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang, Ia bisa bertambah dengan ketaatan dan bisa berkurang dengan kemaksiatan. Maka diri kita sendirilah pilihannya ada dimana, apakah kita ingin menambah atau menguranginya. Tentunya hanya hati yang selalu bertambah ketaatannya yang bisa di mintai fatwa.

Maka Rasulallah sangat sering membaca do'a ini..Ya Muqollibul Quluub,,tsabbit qolbi 'ala diynika...Ya Allah yang Maha membolak-balikkan hati,,tetapkanlah hati kami dalam agamaMu. Karena kita sebagai manusia terkadang sering lalai dalam dunia ini, sering kali melupakan tujuan akhir kita, maka ini yang sering Rasulallah ajarkan untuk kita amalkan agar Allah berkenan selalu menjaga hati kita dalam ketaatan kepadaNya.

Shobahul Khair Ya Zumala'..
semoga barokah manfaat
"Izzati Ryuba'ie"
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar