Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Syu’bah 67



            by : Izzati Ruba'ie
                               
Malam ini kami tak ditemani belajar bersama Aby, biasanya kami asyik berdiskusi bersama Aby, tapi malam ini beliau harus meninggalkan kami untuk pergi tahlilan kerumah tetangga yang meninggal kemarin. Akhirnya kami berdiskusi sesuai dengan kelompok masing-masing.,semakin seru dengan adanya sedikit perdebatan dan perbedaan pendapat diantara kami, tapi itu semua tak membuat kami bercerai berai, malah semakin indah dengan banyak masukan dan kami leboih banyak mendapatkan ilmu.

Syu’bah ke 67 menjelaskan tentang bagaimana menghormati tetangga. Rasulallah bersabda: barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah menghormati tetangganya. Adab kita bertetangga antara lain adalah menampakkan wajah yang ceria, berseri-seri dan mengirimkan makanan. Jika tidak mampu setidaknya janganlah sampai menyakitinya.
Barang siapa yang ingin dicintai Allah maka hendaklah dia berkata yang jujur, menyampaikan amanah dan menghormati tetangga, kata Nabi. Syekh Suhaimi menjelaskan tetangga kita adalah 40 rumah yang ada di sebelah rumah kita.
Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa  berakhlak dengan baik kepada siapapun khususnya tetangga kita.

Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar