Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

TEKNIK ANALISIS BIOLOGI MOLEKULER

Risalatul Munawwaroh


Alasan pentingnya mempelajari TABM:
a.       Untuk mengetahui aktifitas molekuler yang terjadi pada sel organisme baik prokaryot maupun eukaryot sehingga mampu memahami berbagai kejadian, elemen yang terjadi selama proses ekspresi genetik pada suatu sel baik sel prokaryot maupun sel-sel eukaryot.
b.      Untuk  mengetahui proses biokimiawi yang melibatkan ekspresi genetik dari mulai transkripsi sampai translasi maupun mekanisme- mekanisme yang terjadi serta peluang modifikasi-modifikasi yang kemungkinkan dapat terjadi dalam proses tersebut.
c.       Menambah wawasan sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi mutakhir
d.      Dapat mengetahui Kekuasaan dan Kebesaran Allah melalui belajar molekuler

Ayat Al Qur’an tentang TABM
Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah telah memperlihatkan kekuasaan Nya yang ada di bumi dan diri manusia sendiri. Di dalam Ilmu biologi mempelajari tentang diri manusia itu sendiri yakni mempelajari aktifitas kehidupan yang ada di tubuh manusia.
Ayat di atas telah dibuktikan oleh salah satu ahli molekuler Dr. Ahmad Khan yang telah mengambil kata ayaatina yang memiliki arti “ ayat-ayat Allah” bahwa tanda kekuasaan Nya ada juga dalam diri manusia. Dan akhirnya dia benar-benar menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah di dalam DNA. Beliau telah menemuka informasi yang cukup unik tentang kode-kode yang berdimensi ayat-ayat Allah Swt., bahkan hal yang dianggap Junk DNA yang tak lebih hanya sekedar sampah ternyata memiliki kode-kode yang berisi huruf arab yang apabila dikumpulkan membentuk firman Allah Swt. sehingga dengan adannya mata kuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler tidak hanya mempelajari kemajuan teknologi mutakhir tetapi mempelajari pula rancangan yang telah di desain Tuhan yang sungguh luar biasa sehingga kita tak dapat menyangkal bahwa kita memiliki pencipta.
Makhluk ciptaan Alloh itu tersusun atas sel, baik monoseluler maupun multi seluler. Di dalam inti sel terdapat DNA yaitu suatu pesan molekuler (informasi genetic) yang menceritakan sel untuk membangun protein. Informasi genetic itu tersimpan dalam empat kode basa yang terwakili dengan huruf-huruf A, T, C dan G. Urutan merekalah yang memberikan intruksi untuk sintesis protein. Setiap gen mengandung lebih dari tiga milyar huruf-huruf kimia ini. Tetapi, jika satu saja huruf ini hilang dari urutannya, protein itu tidak akan dapat dibentuk sesuai dengan intruksinya. Misalnya seorang bayi akan terlahir tanpa jari tangan jika gen yang penting bagi pembentukan jari tangan itu rusak. 
Desain ciptaan Allah yang menunjukka kekekuasaan Nya juga telah disebutkan dalam firmannya  yang berbunyi :
Allah telah mendesain makhlukNya sedemikian rupa sehingga terbentuk pengaturan yang seimbang antara masing-masing komponennya. Makhluk ciptaanNya bagaikan pabrik yang berisi jaringan elaborative. Bagian luar dipenuhi dengan berbagai sensor, gerbang dan pengidentifikasi. Sedangkan bagian dalam sel dikemas dengan pembangkit tenaga, tempat kerja yang otomatis dan unit-unit daur ulang. Monorel-monorel miniature tersebut mampu mengangkut berbagai artikelar dari satu lokasi ke lokasi yang lain sehingga jaringan tersebut mampu mengkoordinasi seluruh sel dengan jadwal waktu yang tepat.
Semoga dengan belajar TABM ini kita mampu menyuplik betapa besar kekuasaan Allah dengan merendahkan diri kepadaNya.


Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar