Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

INDAHNYA HIDUP



By : Catur Mukti Wiani
Hari ini aku belajar bahwa terkadang kita merasa apa yang tidak kita punya lebih indah dari yang kita punya, padahal jangan-jangan yang kita punya sama indahnya dengan yang tidak kita punya. Dan aku juga belajar terkadang apa yang kita mau tidak sama dengan apa yang kita butuh, dan jangan-jangan yang kita butuh membuat kita lebih bahagia daripada apa yang kita mau. Dan hari ini aku juga belajar bahwa yang paling penting  kita tidak harus mencari pasangan yang sempurna, yang kita harus lakukan adalah mencintai seseorang dengan semua ketidaksempurnaannya. 

Jika kita melihat pada apa yang tidak kita miliki dalam hidup, kita tidak memiliki apa-apa. Namun jika kita melihat pada apa yang ada ditangan kita, kita memiliki segalanya. Karena jika kita melihat pada apa yang tidak kita miliki dalam hidup, maka akan banyak sekali yang tidak kita miliki karena manusia bukanlah makhluk sempurna, tiada kesempurnaan kecuali milik Allah.



Kita tidak akan pernah puas jika terus membanding-bandingkan dengan yang lain, karena kita akan selalu menemukan yang lebih baik. Rumput tetangga selalu lebih hijau. Terkadang kita menganggap hidup orang lain lebih enak, padahal mungkin hidup mereka lebih sulit. Hanya saja mereka tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur.
Kadang-kadang perjuangan adalah sesuatu yang diperlukan dalam hidup kita. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan, mungkin itu justru akan melumpuhkan kita, dan tak menjadi sekuat yang semestinya saat dibutuhkan. Dan dalam setiap rintangan dan hambatan dalam hidup, tersembunyi kesempatan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kehidupan.
Seseorang berkata, kesuksesan lebih diukur dari rintangan yang berhasil diatasi seseorang saat berusaha untuk sukses daripada posisi yang diraihnya dalam kehidupan saat ini. Kesulitan, hambatan, ataupun rintangan dalam hidup dapat menjadi batu loncatan ataupun batu penghalang untuk mencapai kesuksesan, tergantung bagaimana kita memandangnya.
Itu semua disebabkan tiada kesempurnaan kecuali dengan proses berulang kali, hingga mendekati sempurna. Orang yang terus berusaha dan tak menyerahlah yang akan mendapat hasil lebih baik dari yang lain. Karena, penyebab seserang tidak berguna adalah karena dia sendiri selalu menolak ketika akan digunakan dan mengabaikan proses. Manusia selalu ingin hasil yang baik tanpa proses, yang mungkin bisa saja suatu rintangan dalam hidup tersebut adalah sebuah proses.
Orang yang menanggapi kepahitan dalam hidup dengan dendam adalah orang yang kalah, seorang pemenang mampu menaklukkan kepahitan bukan dengan melawannya, tapi mengubahnya menjadi kebahagiaan. Karena untuk mencapai kesempurnaan modalnya adalah tekun dan berlatih terus menerus. Dan mungkin dalam berlatih itu kita tidak luput dari salah.
Akan tetapi kesalahn itu bukanlah sesuatu masalah, karena orang yang tidak pernah membuat kesalahan adalah orang yang tak pernah berbuat sesuatu. Oleh karena itu berbuatlah supaya kalian tahu mana yang salah dan mana yang benar yang kelak akan menjadi pelajaran dalam kehidupan selanjutnya. Akan tetapi jangan pernah mencari kesalahan orang lain , kecuali melihat kesalahan orang lain sebagai pelajaran.
Dan jangan pernah meremehkan kehidupan seseorang, sebab kehidupan seseorang itu seperti seniman yang membuat sebuah karya seni, kita tidak pernah tahu seni apa yang ia buat, sebelum karya seni itu selesai dibuat.
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar