Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Tiang kehidupan



By : M Khusni Mubarok


                Tiang yang kuat pasti didasari oleh pondasi yang kokoh, tanpa pondsi yang kokoh tiang-tiang tidak akan bisa berdiri dengan tegap. Tiang inilah yang nantinya menopang bangunan yang ada di atasnya. Walau bangunnanya sampai tumpuk ( tingkat ) banyak sekalipun, jika ditopang oleh tiang yang kokoh maka akan kuatlah bangunannya.
Bangunan yang megah pasti didasari pondasi yang kokoh, bahka super kokoh. Tidak ada bangunan yang bisa berdiri dengan indah nan megah tanpa ada pondasi yang menopangnya. Pembuatan pondasi pun adalah langkah pertama dalam mendirikan bangunan, setelah pondasi tertancap dengan kuat, maka bisa dilanjutkan membangun bangunan diatasnya. Lama pembuatan pondasi pun memakan waktu yang sangat lama, bahkan kadang lebih lama dari bangunan di atasnya, makanya sering kita melihat “kok lama banget membuat pondasinya, tapi jika sudah selesei kok cepet banget bangunan di atasnya”.
                Salah satu keajaiban dunia yakni menara pisa di itali, pasti di bawah menara yang menawan tersebut ada pondasi yang menopang menara di atasnya. Walau sebenarnya pondasi menara tersebut sudah kurang sempurna mulai awal pembuatan, tapi Walau demikian menara tersebut masih bisa berdiri ( tidak roboh ).
                Kehibupan kita pun sebenarnya ada pondasinya, tapi hanya segelintir manusia yang menyadarinya, akibatnya banyak yang tidak berusaha membangun pondasi kehidupanya. Orang yang memahami konsep ini, mereka akan berusaha membangun pondasi hidupnya.
                Lalu, apa sebenarnya pondasi  atau tiang kehidupan ini ???
                Rasulullah telah mengingatkan kita lewat hadistnya, bahwa sholat merupakan tiang agama. Ternyata penafsiran hadist tersebut, sholat bukanya hanya tiang agama, tapi juga tiang kehidupan, tiang kehidupan bagi seluruh umat muslimin di dunia ini, tanpa terkecuali. Dengan menjaga sholat maka sama saja menjaga tiang kehidupanya.
                Sering kali kita temukan, orang muslin di sekitar kita, menomor duakan sholat, atau bahkan melupaka sholat. Anggapan mereka, bahwa tujuan utama hidup di dunia ini adalah untuk bekerja. alhasil sholatnya yang melengkapi pekerjaannya, bukanya pekerjaan yang melengkapi sholatnya. Sehingga sholat menjadi nomor sekian dalam kehidupan sehari-seharinya, bankan sering menganggap remeh ibadah sholat. Bahkan sampai melupakan sholat demi pekerjaan, Naudzubilllah min dzalik….
                Seharusnya pekerjaan yang mengikuti jadwal sholat, sehingga jika sudah waktunya sholat, apapun kegiatanya harus segera ditinggalakan demi untuk melaksanakan sholat. Sehingga sholatnya terta terjaga. Dan secara tidak langsung memperkuat pondasi ( tiang ) kehidupanya juga.
                Maka marilah kita ubah mind set kita, pekerjaan yang harus melengkapi sholat kita, bukanya sholat yang melengkapi pekerjaan kita.
Share on Google Plus

About Darun nun

PP Darun Nun adalah pondok yang berada di Kota Malang, sebagai sarana penguatan akidah, penyempurnan akhlaq, dan tempat untuk menggembleng menjadi penulis yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar