Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Bergesernya Makna INGSYAALLAH

IngsyaAllah,,, merupakan kata yang sering sekali kita dengar ataupun kita ucapkan. tapi banyak teman-teman kita yang belum memahami makna Ingsyaallah. Begitu mudah mereka mengucapkan kata "IngsyaAllah".



IngsyaAllah bukan lagi menjadi kata sakral atau bermakna. Mulai ada pergeseran makna kata "IngsyaAllah". dan yang lebih parahnya lagi yang menggeser adalah orang islam sendiri, entah itu disadari atau tidak. sungguh memprihatinkan...

Allah telah mengingatkan kita dalam Al-Quran yakni pada surat AL-Kahfi ayat 23-24.


23. dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,
24. kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini".

Pada terjemahan ayat di atas sudah jelas sekali bahwa jika jika kita akan berjanji harus mengucapkan IngsyaAllah. karena kekuasaan hanya milik Allah. kita hanya bisa berusaha Allah lah yang Berkuasa atas segala sesuatu.

Tapi, sekarang kata IngsyaAllah sekarang bermakna "penolakan". untuk menolak permintaan mereka menggunakan kata IngsyaAllah. sungguh ironis, maka pada sekarang kata IngsyaAllah tidak mempunyai makna yang berarti. jika ada teman yang berjanji dengan kata IngsyaAllah malah kita meragukannya.

Kita pemuda islam jika berjanji harus menggunakan IngsyaAllah, maka mari kita mulai kembalikan makna IngsyaAllah, mulai dari diri sendiri-sendiri.

By : M Khusni Mubarok
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar