Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Membunuh Kebisaan Menunda

M. Khuzni Mubarok, S.Pg

Untuk mengatasi kamalasan sudah pernah di bahas oleh teman saya chusnia, disini saya akan mencoba menyempurnakan  artikel dia.

Satiap orang pasti suka menunda-nunda, apa lagi hal itu sebuah tugas yang sulit, pasti sangat amat males mengerjakanya. saya ada sedikit tips untuk "membunuh" kebiasaan suka menunda.


Masa depan kita di tentukan kebiasaan kita saat ini, dan kitalah menciptakan kebiasaan tersebut. Disadari atau tidak kita telah menciptakan kebiasaan-kebiasaan, misal kebiasaan menggosok gigi setiap mandi, dari kecil kita di biasakan menggosol gigi oleh ibu kita, sampek kita nangsi guling-guling tetap saja beliau menggosok gigi kita, hehe. tapi dengan berjalannya waktu kita telah terbiasa dengan hal itu, maka saat ini jika saat mandi tidak menggosok gigi, ada perasaan yang ganjal dan perasaan tidak enak.

kebiasaan menunda-nunda sebenarnya kita sendiri yang menciptakanya, bukan bawaan lahir. kita tidak sadar menciptakan kebiasaan buruk tersebut, dengan menunda-menunda setiap hal. dan hal itu di lakukan dalam waktu yang lama, maka terciptalah kebiasaan suka menunda-nunda. dan masih banyak lagi kebiasaan buruk lagi yang terus kita pelihara.

Kebiasaan buruk hanya bisa dibasmi dengan kebiasaan baik, hanya itu caranya.! saya akan memberikan tips untuk merubah kebiasaan menunda dengan kebiasaan baik :
  1. Beri impian (tujuan)pada setiap kagiatan anda,
    sering kali kita tidak bersemangat melakukan setuatu karna tidak jelas tujuannya, maka mulai saat ini bumbui setiap kegiatan kita, IngsyaAllah akan lebih bersemangat dalam melakukanya.
  2.  buat punisment pada setiap tugas yang tidak terselesaikan.
    sudah kodrat manusia, bahwa manusia cenderung menghindari kesengsaraan, jadi jika kita memberi hukuman pada diri kita sendiri jika tidak segera menyelesaikan tugas kita, maka kita akan mendapat hukuman.
  3. berikan rewart pada setiap tugas yang terselesaikan.
    dengan di iming-imingi hadiah kita akan terpacu menyelesaikan tugas kita, walau itu itu sulit, karena yang ada di pikiran kita hanya hadiah yang akan kita dapat jika menyelesaiakn tugas tersebut, maka IngsyaAllah kita akan lebih bersemangat dalam menyelesaikanya.
By : M. Khuzni Mubarok, S.Pg
            (Sang Penjaga)
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar