Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Lebah vs Laba-laba


Rumah
Oleh :Risalatul Munawwaroh

Dalam Al-Qur’an telah disebutkan bahwa ada dua rumah hewan yang diabadikan dalam Al-Quran yaitu rumah lebah madu dan rumah laba-laba. Seperti yang di firmankan Allah dalam QS An-Nahl ayat 68-69 yang artinya ”Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat - tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap
(macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”  Sedangkan rumah laba-laba terdapat dalam QS Al-Ankabut ayat 41 yang artinya “…Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah (rapuh) adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”
Rumah antara lebah madu dan laba-laba sangat berbeda dari konstruksi dan arsitekturnya. Sebenarnya rumah adalah tempat untuk berlindung. Seperti rumah yang telah dibuat oleh lebah madu konstruksi dan arsitekturnya sangat bagus. Berbeda halnya dengan rumah yang dibentuk oleh laba-laba. Pada rumah laba-laba tidak terdapat atap tetapi hanya berupa benang-benang yang rapuh jika terkena angin dan hewan lain. Rumah laba-laba juga tidak bisa melindungi penghuninya dari hantaman panas, dingin, hujan dan lainnya. Fungsi dari rumah laba-laba bukanlah sebagai tempat untuk berlindung melainkan tempat untuk menjebak mangsanya sehingga tidak akan memberikan efek ketenangan pada laba-laba. Berbeda dengan rumah lebah madu yang dibangun sedemikian indahnya. Jika dilihat dari konstruksi dan arsitekturnya sangat luar biasa. Sehingga rumah yang dibangun lebah madu ini bisa memberikan ketenangan dan sebagai tempat untuk menghasilkan madu yang memberikan banyak manfaat bagi manusia.
Jika dilihat dari cara memperoleh makannya pun lebah dan laba-laba juga berbeda. Seekor lebah akan memakan makanan yang bersih. Apabila bunga yang akan dihisap madunya mengandung bahan pestisida dia tidak akan memakannya. Berbeda halnya dengan laba-laba. Dia memakan serangga seperti nyamuk, lalat, kupu-kupu dan serangga lainnya. Parahnya lagi ketika setelah melakukan perkawinan laba-laba betina akan memakan laba-laba jantan.
Oleh karena itu, jadikanlah rumah kita seperti rumah lebah madu yang bisa dijadikan tempat berlindung serta tempat untuk menghasilkan generasi seperti madu yang dihasilkan oleh lebah madu. Wallohu a’lam bissowaf
Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar