Pondok Pesantren Darun Nun Menjadi pondok terdepan dalam pengajaran agama, bahasa, literasi dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekuatan akidah islamiyah, kemahiran berbahasa dan menulis, serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

“Istana Kecil”


By : Izzati Rubaie


Siapapun di dunia ini, pasti mendambakan sebuah istana indah yang nyaman dan tentram. Nyaman dengan istananya dan tentram dengan orang-orang yang ada didalamnya. Istana kecil kami jauh dari keramaian. Istana sunyi yang letaknya di bukit, penuh kedamaian dan sejuk menghangatkan jiwa. Itulah istana kami Darun Nun. Bukan karena istana megah yang menggiurkan namun hanya sebuah penjara suci  yang penuh dengan kebahagiaan. Bidadarinya bukan hanya gemar mengaji, namun juga
gemar berkarya. Abi kami selalu mendukung dan terus memberikan semangat, Berkarya Sampai Mati ucap beliau. Hari hari dihabiskan dengan mengkaji berbagai disiplin ilmu yang sedang digeluti namun tak pernah melupakan bahwa ilmu yang paling penting adalah ilmu Din Allah. Ilmu agama yang mencakup berbagai bidang dan kami terus bergelut dalam bidang Lughoh Arobiyah. Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling penting dalam kehidupan kita. Dimanapun kita berada jika sudah mampu dengan bahasa yang banyak orang gunakan tentu kita akan mampu bergelut di dalamnya. Peran bahasa Arab sendiri sangatlah penting karena alat komunikasi untuk seluruh ummat muslim di dunia ini.Peran utama adalah mengapa kita harus belajar bahasa Arab karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, kitab suci ummat islam dan pedoman hidup kita. Bagaimana kita bisa memahami ajaran agama kita dengan baik jika tak belajar bahasa Arab? Makah hal ini sangatlah penting dalam pemahaman kita terhadap agama kita.
Tidaklah mudah bagaimana merasakan Bayti Jannati. Setiap orang tentu punya karakter masing-masing yang kadang itu bertentangan satu dengan yang lain. Maka disinilah pentingnya rasa kasih sayang pada saudara kita, agar terus belajar saling memahami, saling pengertian, saling membantu ketika salah satu saudara kita mengalami kesulitan dan terus saling menasehati dalam kebaikan.
Melihat aktivitas mahasantri Darun Nun sungguhlah membahagiakan, karena mereka bukan hanya belajar tentang ilmu yang digeluti saja,namun juga belajar bermasyarakat, belajar memasak ,dan belajar mandiri ,bagaimana dari sekarang sudah punya pengalaman sehingga kelak mampu terbiasa dengan kehidupan kita kedepannya. Seorang perempuan tentu sangat diharapkan supaya mahir dalam kehidupan sehari- hari, maka hal itu juga bukanlah tidak membutuhkan ilmu juga, jadi jangan bilang, perempuan itu tempatnya di dapur, jangan bilang perempuan tak boleh sekolah tinggi, justru karena mereka kelak akan mengurus rumah tangga, mendidika anak maka sangatlah dibutuhkan ilmu dalam menjalaninya kelak. Ibu yang cerdas tentu bukanlah di dapat percuma, namun harus banyak belajar dari pengalaman dan pengetahuan. Sehingga kelak mampu diharapakan mendidik anak mereka menjadi generasi tangguh yang siap membela agama dan bangsa.
Disinilah peran penting seorang perempuan, mari kita terus menata niat semata karena Allah , menempa diri sebaik mungkin, menjadi pribadi- pribadi yang terus menjadi lebih baik, hingga kelak mampu menjadi ibu yang baik bagi anak- anak kita. Semoga Allah selalu memudahkan jalan kita menuntut ilmu, bersama menggapai RidhaNya. Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan shalihah.(HR.Bukhari)


Share on Google Plus

About PP DARUN NUN

0 komentar:

Posting Komentar